Cegah Penyebaran Virus via Email

Posted: March 10, 2011 in Uncategorized

Virus komputer berpindah darin 1 komputer ke komputer lain dengan cara numpang pada program lainya.Salah 1 cara efektif yg di pakai oleh virus adalah menumpang dengan email.Email ini nantinya bisa menyebar ke ratusan bahkan ribuan alamat email lain.

Email yang bervirus biasanya menyertakan sebuah file attachment yang akan menularkan virus ke komputer peerima yang membuka attach file tsb.Cara pencegahan penularan virus via file attachment masih tergolong mudah, yakni dengan cara memblok file yang berpotensi mengandung virus.

Selain melalui attachment,teknik penyebaran virus via email bisa juga memanfaatkan kemampuan pengiriman email dalam format HTML. Format HTML dalam pengiriman memungkinkan seseorang mengirim gambar dan suara atau juga script lainya.Kemampuan inilah yg sering di manfaatkan untuk menyisipkan script2 jahat yang bisa berbahaya bagi komputer kita.

Untuk menanggulangi.Teknik ini adalah dengan cara mengkonversi format HTML email ke plain text.berikut caranya:

1.[Start]>[All Programs]>[Outlook Express].

2.Klik menu [Tools]>[Options….].

3.Klik Tab [Read]

4.Cek pada checkbox [Read all messages in plain text]

5.Klik [ok]

Saat ini anda tidak akan menerima lagi email dalam format HTML . Semua pesan akan di konversi secara otomatis menjadi teks murni (plain text).

Selamat Mencoba

Salam,

IT Support

Leave a comment